JUDUL PRAKTIKUM :
PENGENALAN PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 1
I. TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS :
• Memahami mengenai pemrograman berorientasi objek dan konsepnya.
• Memahami perbedaan class dan objek.
• Memahami atribut dan method.
• Mengenal Inheritance dan Polimorfisme.
II. DASAR TEORI
Pada sesi ini, kita akan mengantarkan beberapa konsep dasar dari Object-Oriented objcts, dan Programming (OOP). Selanjutnya kita akan membahas konsep dari classes dan bagaimana menggunakan class dan anggotanya. Perubahan dan pemilihan object juga akan dibahas. Sekarang, kita akan focus dalam menggunakan class yang telah dijabarkan dalam Java Class library, kita akan membahas nanti tentang bagaimana membikin class anda sendiri.
OOP berputar pada konsep dari object sebagai dasar element dari program anda. Ketika kita membandingkan dengan dunia nyata, kita dapat menemukan beberapa objek disekitar kita, seperti mobil, singa, manusia dan seterusnya. Object ini dikarakterisasi oleh sifat / attributnya dan tingkah lakunya.
Contohnya, objek sebuah mobil mempunyai sifat tipe transmisi, warna dan manufaktur. Mempunyai kelakuan berbelok, mengerem dan berakselerasi. Dengan cara yang sama pula kita dapat mendefinisikan perbedaan sifat dan tingkah laku dari singa. Coba perhatikan table dibawah ini sebagai contoh perbandingan :
III. ALAT DAN BAHAN
Modul Praktikum Pemrograman Terstruktur
LCD & KOMPUTER
NetBeans
Kertas dan alat tulis
0 Komentar Sahabat:
Post a Comment
Jadilah yang pertama...